Rabu, 09 Mei 2018

BAB 2

BAB II
KHALIFAH-KHALIFAH BANI UMAYAH YANG TERKENAL, PRESTASI-PRESTASI PARA KHALIFAH BANI UMAYAH DI DAMASKUS DAN KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAHAN BANI UMAYAH DI DAMASKUS


Kompetensi Inti:
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


 Kopetensi Dasar:
3.3Mengidentifikasikeberhasilan yang dicapai pada BaniUmayyahdi Damaskus
3.4Menganalisis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masaBaniUmayyah di Damaskus
4.3 Memetakankeberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada masa Bani Umayah
4.4Mempresentasikanmengenaiperkembangan ilmu pengetahuan danperadaban pada masa Bani Umayyah di Damaskus

Nilai Karakter:
Sikap tegas, berani dan cerdas, religius, adil dan santun
Bani Umayah diproklamirkan oleh Muawiyah meskipun masih ada pemerintahan yang sah, berdiri tegak dan kuat karena kebijakan Marwan bin Hakam dalam memberantas para pemberontak, menyebar sampai ke eropa dengan kebijakanal-Walid memenuhi pemerintahan Gotia Barat dan di hormati oleh umat islam karena keadilan dan religiusnya khalifah Umar bin Abdul Aziz.
Kasus:
Sistem peralihan pemerintahan Monarchi yang dipakaiBani Umaiyyah I, diprediksi oleh ahli sejarah sebagai pemicuutama penyebab kehancuran Bani Umaiyyah I.
Mengamati:
Yang dapat diamati dari kasus tersebut di atas adalah sistem peralihan kepemimpinanyang otoriter. Sementara konsep Islam menawarkan pores peralihan kepemimpinanmusayawarah mufakat.
Mari Bertanya:
Apa yang dapat kalian sampaikan setelah mengamati kasus tersebut di atas. Sampaikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan hal tersebut!
Merenungkan:
Renungkan dalam-dalam peristiwa di atas, kemudian berilah saran-saran perbaikantentang sistem peralihan kepemimpinan yang benar menurut Islam.
Tambah Wawasan:
1.      14 KHALIFAH BANI UMAYYAH I YANG BERKUASA

No
Khalifah
Tahun
No
Khalifah
Tahun
1
Muawiyah Bin Abi
Sufyan
40 – 60 H
8
Umar Bin Abdul Aziz
99 – 101H
2
Yazid Bin Muawiyah
60 – 64 H
9
Yazid Bin Abdul
Malik
101 – 105 H
3
Muawiyah 2 Bin Yazid
64 – 64 H
10
Hisyam Bin AbdulMalik
105 – 125 H
4
Marwan Bin Hakam
64 – 65 H
11
Walid Bin Yazid
125 – 126 H
5
Abdul Malik BinMarwan
65 – 86 H
12
Yazid Bin Walid
126 H
6
Walid Bin Abdul Malik
65 – 86 H
13
Ibrahim Bin Walid
126 H
7
Sulaiman Bin AbdulMalik
96- 99 H
14
Marwan BinMuhammad
127 – 132 H

Dari 14 khalifah yang memerintah Bani Umayyah I selama 92 tahun, diantaranya ada 4 khalifah yang terkenal karena pretasi dalam pemerintahannya masing-masing.
2.      KHALIFAH-KHALIFAH BANI UMAYYAH YANG TERKENAL  
a.       Prestasi Khalifah Muawiyah bin Abi Sufyan
Khalifah Muawiyah bin Abi Sufyan terkenal dalam sejarah perkembanganBani Umayyah I, karena keberanian beliau pada saat memproklamirkan Bani Umayyah I tahun 40 H pada saat Ali bin Abi Thalib masih memerintah sebagaikhalifah yang terakhir Khulafaurrasyidin.
Meskipun Muawiyah memproklamirkan Bani Umayyah dengan cara yangtidak sesuai dengan nilai-nilai agama, akan tetapi beliau mampu menetapkanbeberapa kebijakan yang sangat mendukung perkembangan Bani Umayyah Imencapai masa perkembangan yang sangat pesat, kebijakan tersebut adalah:
1)      Membentuk Departemen dan Duta yang belum dibentuk oleh khalifahsebelumnya, fungsi dari departemen ini adalah menyiapkan beberapasahabat utama untuk diutus ke berbagai wilayah di dunia dalam rangkamemperkenalkan Islam ke penjuru dunia di antaranya adalah Uqba bin Nabi dan Musa bin Nusair di Afrika Utara, Abdullah bin Abi Sara di India, danSaad bin Abi Waqas di Cina, Indonesia dan wilayah Asia Tenggara lainnya.
2)      Muawiyah juga membeli beberapa profesional administrasi keuangan dantata usaha dari daerah Byzantium dan dipekerjakan dalam pemerintahanBani Umayyah.
3)      Memperluas kekuasaan atau mengembangkan wilayah di 3 daerah yangsangat subur dan strategis yaitu Afrika Utara, India dan Byzantium.
b.      Prestasi Khalifah Marwan bin Hakam
Khalifah Marwan bin Hakam adalah seorang yang bijaksana. Berpikrantajam, fasih berbicara dan berani. Beliau ahli pembacaan al-Quran dan banyakmeriwayatkan hadis dari para sahabat Rasullah yang terkenal terutama dariUmar bin khatab dan Usman bin Affan. Beliau terkenal dan berjasa dalammenertibkan alat-alat takaran dan timbangan, serta berjasa karena pertamakali menciptakan mata uang sebagai alat jual beli. Marwan adalah khalifahyang berani memberantas para pemberontak dengan cara yang keras dan tegas.Dengan kebijakan tersebut menyebabkan pemerintahan pada masa khalifahMarwan menjadi kondusif dan program khalifah dapat berjalan dengan lancar.
c.       Prestasi Khalifah Walid bin Abdul Malik
Khalifah ke-6 Bani Umayyah Walid bin Abdul Malik memerintah bersamaan dengan permintaan bantuan dari pemerintahan Gothiyah Barat kepada Islam,oleh Khalifah al-Walid permintaan itu dipenuhi dengan mengirim 12.000pasukan Islam yang dipimpin oleh Thariq bin Ziad. Misi Islam tersebut berhasilmenyelesaikan tugasnya dengan baik dan pasukan Islam dipimpin oleh Thariqbin Ziad tersebut berhasil memukul mundur pasukan Viagoth aristokrasi Jerman.Karena pasukan Islam berhasil melaksanakan tugasnya dengan mengusirpasukan Jerman, maka oleh penguasa Gotiyah Barat sepeninggalan Raja Witizahmempersilahkan Thariq dan pemuka Islam lainnya boleh berdakwah di wilayahAndalusia dengan bebas dan aman. Masa pemerintahan Walid bin Abdul Malikkhalifah ke-6 Bani Umayyah disebutkan dalam sejarah sebagai masa kejayaanBani Umayyah I. Pada saat itu masyarakat patuh dan cinta kepada khalifah Al-Walid. Keadaan pemerintahan yang sebaik itu membuka kesempatan padakhalifah Al-Walid untuk melakukan perluasan wilayah ke daerah-daerah diAfrika dan Eropa Barat.
d.      Prestasi Khalifah Umar bin Abdul Aziz
Khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah khalifah ke-8 dari pemerintahanBani Umayyah I, memerintah hanya 3 tahun kurang lebih tahun 99 -101Hakan tetapi masyarakat Islam yang dipimpin mengalami peningkatan kualitassecara drastis terutama dalam hal status ekonomi. Taraf pendapatan dankehidupan sosial masyarakat begitu tinggi, sampai mencari warga masyarakatuntuk menyalurkan Zakat Fitrah begitu sulit. Zakat kaum aghniya akhirnyadiserahkan ke baitul maal selanjutnya difungsikan untuk pembangunan βisikdalam masyarakat seperti masjid, sekolah dan perpustakaan.Umar dipilih olehsuara mayoritas masyarakat secara murni karena keberhasilan beliau menjadigubernur di Syiria dan masyarakat Islam telah bosan dan jenuh terhadapkepemimpinan para khalifah Bani Umayyah yang korup dan rusak akhlaknya.Ada beberapa keistimewaan dari khalifah Umar bin Abdul Aziz dibandingkandengan khalifah-khalifah lainnya:
a)      Jabatan khalifah yang akan dipangkunya ditawarkan lebih dahulu kepadarakyat, akan tetapi mayoritas masyarakat lebih memilih Umar bin Abdul Aziz.
b)      Beliau lebih mementingkan agama dari pada politik
c)      Mementingkan persatuan umat Islam dari pada golongan
d)     Penyiaran Islam dilakukan atau disiarkan dengan cara damai
e)      Adil terhadap semua pihak
f)       Sopan dan santun dalam bertutur
g)      Mementingkan kebutuhan umum dari pada kebutuhan pribadi
h)      Membuka forum untuk masyarakat luas, bertanya tentang hal agama, hukumdan persoalan sosial lainnya
i)        Masa pemerintahannya yang singkat 3 tahun, akan tetapi mampu mengangkat status sosial dan derajat masyarakat menjadi makmur sehinggasulit mencari orang miskin untuk mengeluarkan zakat pada saat itu.
j)        Memberi instruksi kepada gubernur Madinah agar mengumumkankepada masyarakat Islam Madinah supaya segera mengumpulkan danmenyeleksi hadis.

3.      KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAHAN BANI UMAYYAH I DAMASKUS
Kebijakan pemerintahan Bani Umayyah I yang sangat berpengaruh padaperkembangan Islam Bani Umayyah I adalah pada saat Muawiyah bin Abi Sufyanmemerintah sebagai khalifah pertama, dia menetapkan beberapa kebijakannya:
1)      Memperluas wilayah Islam di 3 wilayah yang rata-rata subur: Afrika Utara,India dan Byzantium. Akan tetapi dari 3 wilayah itu Byzantium lebih dahuluditaklukan karena selain subur, masyarakatnya menganut nasrani ortodoks.
2)      Membentuk Departemen dan Duta, tugasnya untuk mengirim beberapa dutaIslam membawa misi Islam ke beberapa wilayah; Cina, India, Indonesia, Bukara,Tajikistan, Samarkan, Afrika Utara dan Andalusia.
3)      Mengangkat beberapa profesional dalam bidang Administrasi keuangan dariorang-orang Byzantium untuk dipekerjakan dalam pemerintahan Islam.
Khalifah-khalifah Bani Umayyah lain yang ikut menetapkan beberapa kebijakanmonumental pada masa pemerintahannya, diantaranya:
1)      Pada masa pemerintahan Marwan bin Hakam, mata uang ditetapkan sebagaialat resmi pemerintah untuk barter atau alat tukar. Sejarah mata uang pertamakali diciptakan di dunia dan dijadikan sebagai alat tukar.
2)      Pada masa pemerintahan Abdul Malik bin Marwan semua pemberontak. Alhasilkeadaan pemerintahan menjadi kondusif dan perkembangan peradabanmenjadi lancar.
3)      Kebijakan untuk mengirim pasukan Islam sebesar 12.000 pasukan ke Eropaatau Andalusia terjadi pada tahun 711 M oleh khalifah al-Walid bin Abdul Malik,khalifah Bani Umayyah yang ke-6.
4)      Pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz tahun 99-101 hijriyah, Umarmengeluarkan perintah kepada gubernur Madinah agar segera memerintahkanmasyarakat Islam yang ada di Madina, Hijaz dan sekitarnya untuk menghimpun,menyeleksi dan menyempurnakan hadis.
Oleh pakar sejarah bahwa kebijakan oleh para khalifah tersebut di atasadalah sumber inspirasi dan motivasi besar bagi kekuasaan Bani Umayyah 1di dalam menata kekuasaan selanjutnya. Kebijakan-kebijakan khalifah Muawiyahyang paling palin berpengaruh seperti mempekerjakan para professional dariByzantium utuk menata administrasi keuanan Negara, serta mengadakanperluasan wilayah di wilayah yang sangat strategis. Oleh para pakar sejarah,bahwa kebijakan khalifah Muawiyah tersebut adalah sebagai peletakan fondasiBani Umayyah menjadi kuat dan sangat strategis
Mari berdiskusi:
Bentukalah kelompok diskusi dengan tema "Khalifah Bani Umayyah yang terkenal dankebijakan pemerintahan Bani Umayyah". Tuliskanlah kesimpulan diskusi!
Menghubungkan dan Menalar:
Bandingan hasil diskusi dengan sistem pengangkatan khalifah yang dipakai oleh 4Khulafaurrasyidin!
Mengambil Ibrah dan Pembelajaran:
Sikap keteladanan yang dapat kita ambil dari pembelajaran tokoh-tokoh BaniUmayyah I yang sangat terkenal adalah:
1)      Sikap religius, adil, sosial dan bermusyawarah khalifah Umar bin Abdul Aziz padasaat melarang putranya memakai lampu penerangan hanya untuk keperluanpribadi, ketika menyediakan fasilitas pemberdayaan ekonomi rakyat untukmasyarakat ekonomi lemah, dan ketika membuka forum komunikasi antararakyat dengan khalifah (pemerintah) sekitar kritik dan saran terhadap kebijakanpemerintahan.
2)      Sikap berani dan tegas melawan kebatilan yang ditunjukkan oleh khalifah AbdulMalik bin Marwan ketika memberantas semua pemberontak.
3)      Sikap empati, toleran dan pemaaf khalifah al-Amin ketika membebaskan parapemberontak terhadap dirinya.

1 komentar:

  1. Lucky Club Lucky Club Casino Site | Online Slots, Blackjack
    Lucky Club Casino Site: Online Slots, Blackjack, Roulette and Blackjack games | Play Lucky Club Casino for luckyclub real money | Bonus, Free Spins,

    BalasHapus

Sejarah Dinasti Bani Umayah

Dengan berakhirnya kekuasaan khalifah Ali ibn Abi Thalib, maka lahirlah kekuasan bani Umayyah. Pada periode Ali dan Khalifah sebelumnya pol...